PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN DISIPIN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN DISIPIN BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

NURHAYATI, M.Pd 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan disiplin belajar setelah subjek di treatmen menggunakan konseling kelompok realita. Penerapan konseling kelompok realita ini menggunakan alur/sistem WDEP yang terdiri dari 4 tahap yaitu: yaitu tahap eksplorasi kebutuhan/tujuan (wants), tahap tindakan (doing), tahap penilaian (evaluation), tahap perencanaan (planning). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model singlesubject design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah daftar cek monitoring untuk mendapatkan data perubahan perilaku disiplin belajar peserta didik, catatan dokumentasi dan pedoman observasi sebagai data pelengkap yang digunakan untuk mengetahui perubahan perilaku disiplin belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan. Subjek penelitian ini empat orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bima yang memiliki disiplin belajar kategori rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik non parametrik uji tanda (sign test) dan persentase (%). Hasil analisis data persentase (%) menunjukkan bahwa penurunan skor tidak disiplin belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan menggunakan konseling kelompok realita dengan menggunakan alur/sistem WDEP sebagai berikut: SH menurun frekuensi 68,75 % dan durasi 72,41 %, KA menurun frekuensi 62,5 % dan durasi 72 %, AD menurun frekuensi 83,33 % dan durasi 88,88 %, SR menurun frekuensi 70,58 % dan durasi 78,57 %. Hasil analisis uji tanda (sign test) menunjukkan bahwa peningkatan skor disiplin belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan menggunakan konseling kelompok realita dengan menggunakan alur/sistem WDEP signifikan, karena ρ = 0,031 memiliki harga yang lebih kecil dari α = 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehigga dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok realita dapat meningkatkan disiplin belajar peserta didik

Download Artikel

Sampul Buku

Kata kunci: Konseling Kelompok Realita, Disiplin Belajar, Peserta didik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *