MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL INSTRUCTIONAL GAMES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL INSTRUCTIONAL GAMES UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

KHAIRUNNISA, S.Pd

Abstrak. Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan Multimedia Interaktif model Instructional Games. Multimedia Interaktif model Instructional Games ini memberikan pengalaman baru cara belajar sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. Serta menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen , populasi penelitiannya  siswa  kelas XI SMA Negeri  4 Kota Bima. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design sampel diambil dengan teknik Cluster Sampling. Untuk memperoleh data yang sesuai dalam penelitian ini digunakanlah beberapa instrumen yaitu tes minat belajar bentuk soal pilihan ganda dan essay, multimedia interaktif model instructional games, angket skala sikap dan lembar observasi. Dari penelitian diketahui nilai rata-rata kelas Computer Based Instruction menggunakan Multimedia Interaktif model Instructional Games 91,04 sedangkan kelas konvensional 81,94 kemudian nilai thitung diperoleh2,729  maka dapat dikatakan  bahwa minat belajar siswa dengan menggunakan Multimedia Interaktif model Instructional Games lebih baik dari pada minat belajar siswa yang proses pembelajarannya konvensional. Dari hasil perhitungan nilai gain diperoleh nilai gain kelas yang menggunakan Multimedia Interaktif model Instructional Games 0,84 sedangkan kelas konvensional 0,65, dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa, terdapat peningkatan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan menggunakan Multimedia Interaktif model Instructional Games dari pada minat belajar siswa yang proses pembelajarannya secara konvensional. Respon siswa terhadap Multimedia Interaktif model Instructional Games sebesar 82,14% maka dikatakan sangat baik.

Download Artikel

Sampul Buku

Kata Kunci: Multimedia Interaktif Model Instructional Games, Minat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *