EFEKTIVITAS TEHNIK MODELING SIMBOLIK UNTUK MENURUNKAN PERILAKU LOW RESPONSIBILITY MAHASISWA DALAM BELAJAR

EFEKTIVITAS TEHNIK MODELING SIMBOLIK

UNTUK MENURUNKAN PERILAKU LOW RESPONSIBILITY MAHASISWA DALAM BELAJAR

FAIJIN, M.Pd

Abstrak. Efektivitas Modeling Simbolik untuk menurunkan perilaku tidak bertanggung jawab mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas modeling simbolik dalam menurunkan perilaku tidak bertanggung jawab mahasiswa dalam belajar pada program studi bimbingan dan konseling STKIP BIMA Tahun Akademik 2017/2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Peneliti menggunakan penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Research) tanpa kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan kasus tunggal (Single-Case Experimental Design) yang disingkat SCED. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A-B-A’. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa yang memiliki tanggung jawab belajar rendah. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan dokumentasi dan wawancara. Untuk melakukan analisa data hasil penelitian menggunakan visual inspection dan persentase. Dari visual inspection dan persentase yang ada akan diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan efektif tidaknya tehnik modeling simbolik untuk meningkatkan tanggung jawab belajar mahasiswa. Berdasarkan perhitungan persentase perubahan perilaku tidak tanggung jawab belajar dari masing-masing subjek tereduksi diatas 50% dan dapat diuraikan sebagai berikut: Subjek 1, terjadi penurunan frekuensi 75%. Subjek 2, terjadi penurunan frekuensi sebesar 71,2%. Subjek 3, terjadi penurunan frekuensi sebesar 76,4%. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa keefektifan tehnik modeling simbolik setelah  diberi treatment (fase B) untuk menurunkan perilaku tidak bertanggungjawab mahasiswa dalam belajar dinyatakan diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tehnik modeling simbolik efektif untuk menurunkan perilaku tidak bertanggung jawab mahasiswa dalam belajar.

Download Artikel

Sampul Buku

Kata kunci: efektivitas, modeling simbolik, tanggung jawab belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *