EFEKTIVITAS BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA BERBICARA DI DEPAN UMUM

KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA BERBICARA DI DEPAN UMUM

Oleh

Faijin, S.Pd, M.Pd

 Abstrak. Tujuan penelitian adalah (i) untuk mengetahui gambaran kepercayaan diri berbicara di depan umum mahasiswa sebelum dan setelah penerapan bibliokonseling, (ii) untuk mengetahui  efektivitas bibliokonseling dalam meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum mahasiswa pada sekolah tinggi keguruan dan ilmu pendidikan Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (true eksperimen desain) dalam bentuk pretes-postes kontrol grup desain terhadap 20 orang sampel penelitian dengan klasifikasi 10 orang mahasiswa kelompok eksperimen dan 10 orang mahasiswa kelompok kontrol. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif nonparametrik uji wilccoxon. Berdasarkan hasil perhitungan statistik uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.005 lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 (0.005<0.05) maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) gambaran kepercayaan diri berbicara di depan umum mahasiswa sebelum penerapan bibliokonseling berada pada kategori “rendah”, setelah penerapan bibliokonseling berada pada kategori “tinggi”. (ii) bibliokonseling efektif meningkatkan kepercayaan diri berbicara di depan umum mahasiswa pada STKIP Bima.

Kata kunci: Bibliokonseling, Kepercayaan Diri Berbicara di Depan Umum

Download Artikel

Sampul Buku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *